Resep Ikan mas arsik dan Cara Memasak

Ikan mas arsik

Ikan mas arsik adalah salah satu masakan khas batak, bumbu rempah2 nya melimpah shg ikan tidak amis, rasanya asam segar dan pastinya pedaaasss sesuai selera lidah batak.

#PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan mas besar (kurleb 1.5 kg)
  2. 2 gelas air untuk merebus
  3. Bumbu halus :
  4. 6 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 10 buah cabe merah
  7. 1 ruas kunyit
  8. 6 butir kemiri
  9. 1 genggam andaliman
  10. 2 sdt garam
  11. Bumbu iris :
  12. 2 batang serai
  13. 1 ruas lengkuas
  14. 2 buah asam sikulun (geprak saja)
  15. 2 lembar asam kandis
  16. 1 buah kincung (potong jadi 8 bag)
  17. 1 ikat bawang batak

Langkah

  1. Siapkan bahan2nya, cuci bersih ikan mas, haluskan bumbu halus, potong2 bumbu iris.

    Ikan mas arsik langkah memasak 1 foto Ikan mas arsik langkah memasak 1 foto
  2. Siapkan panci/ wajan. Letakkan irisan serai, lengkuas, asam sikulun, asam kandis, kincung sbg alas. Letakkan potongan ikan diatasnya, kmd letakkan lagi irisan serai dan kincung di atas ikan.

    Ikan mas arsik langkah memasak 2 foto Ikan mas arsik langkah memasak 2 foto
  3. Haluskan bumbu halus (me : blender), beri 1 gelas air, aduk dan siramkan ke ikan. Tambahkan lagi air, cukup sampai ikan terendam. Rebus, sebelum air menyusut tambahkan irisan bawang batak, cek rasa (ikan jgn dibalik-balik/ diaduk, krn bisa hancur). Jika rasanya sdh sesuai, angkat dan hidangkan.

    Ikan mas arsik langkah memasak 3 foto Ikan mas arsik langkah memasak 3 foto

Arsik ikan mas pada dasarnya adalah merebus ikan mas dengan menggunakan beragam rempah dan bumbu. Bumbu yang dibutuhkan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan andaliman serta garam. Bermodal ikan mas kamu bisa menghadirkan cita rasa Batak di rumahmu. Baca juga: Rahasia Kelezatan Kuliner Khas Batak, Pakai 5 Rempah Ini. Arsik ikan adalah sajian ikan yang dimasak dengan bumbu kuning khas Batak. Makanan ini kaya cita rasa karena banyak rempah yang diperlukan untuk memasak sepiring arsik ikan. Posts about Ikan mas arsik written by travel1choco2snow3. Arsik is an Indonesian fish dish of the Batak Toba people and Mandailing people of North Sumatra, usually using the common carp (known in Indonesia as ‘ikan mas’ (grass carp).

Arsik ikan mas pada dasarnya adalah merebus ikan mas dengan menggunakan beragam rempah dan bumbu. Bumbu yang dibutuhkan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan andaliman serta garam. Bermodal ikan mas kamu bisa menghadirkan cita rasa Batak di rumahmu. Baca juga: Rahasia Kelezatan Kuliner Khas Batak, Pakai 5 Rempah Ini. Arsik ikan adalah sajian ikan yang dimasak dengan bumbu kuning khas Batak. Makanan ini kaya cita rasa karena banyak rempah yang diperlukan untuk memasak sepiring arsik ikan. gula pasir 1 sendok teh. Cara Membuat Arsik Ikan Mas : Bersihkan ikan dengan cara dicuci dengan air lalu dilumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan ikan kira-kira selama 5-10 menit. Lumuri lagi ikan dengan bumbu yang dihaluskan hingga merata. Ambil wajan lalu dialasi dengan batang serai, daun mangkokan daun kemangi dan asam potong.

Resep Arsik Ikan Mas. 140 menit. Hasil: 4 porsi. Tingkat kesulitan: Sedang. Ingredients. 1 kg Ikan mas. 1 buah Jeruk nipis, ambil air perasannya. 1 sdm Garam, untuk bahan lumuran. 150 gram Daun bawang batak per lokio, buang akarnya lalu potong jadi 3 bagian. Ikan Arsik Medan . Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan adalah Tapanuli, Sumatera Utara. Namanya Arsik ikan Mas. Diberi nama demikian karena kuliner khas Batak ini harus menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya. Tidak sedikit juga orang yang menyebutnya Ikan Mas santan kuning. Baca juga : Resep Memasak B2 Arsik Khas Batak Enak dan Nikmat. Ini ikan mas arsik ala borukaru. Arsik dengan dali ni horbo (susu kerbau) Arsik Ikan Mas Batak. Dali ni horbo ini kami temukan di dekat penjual ikan asin dan bawang Batak yang tadi aku bilang dan sepertinya tidak selalu ada. Harga 1 porsi Rp.17.000.

Cara Masak Ikan Mas Arsik Khas Batak, ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Di Indonesia, ikan mas dipelihara sejak tahun 1920. Ikan mas yang ada di Indonesia adalah ikan dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Sajian olahan ikan memang selalu memikat lidah banyak orang. Salah satunya adalah sajian arsik ikan mas dengan sentuhan khas suku Batak. Kenikmatan dari ikan mas dipadukan dengan keunikan rasa dari andaliman dan bunga kecombrang membuat masakan ini sangat otentik. Anda juga membutuhkan lokio atau daun bawang batak untuk membuat sajian ini loh. Meskipun bahan-bahan yang digunakan asing untuk Resep Ikan Mas Arsik, Masakan Khas Batak. Dalam tradisi suku Batak ada salah satu pertemuan keluarga yang rutin dilaksanakan untuk menjaga kebersamaan antar keluarga, yaitu arisan keluarga, biasanya diadakan pada hari Minggu setiap satu atau dua bulan sekali atau dalam kurun waktu tertentu. Di keluarga saya sendiri, kedua orang tua saya cukup

Arsik ikan mas paling banyak dibuat dari ikan mas, meski sebenarnya juga bisa dibuat dari jenis ikan lain seperti ikan tongkol, kembung, dan kakap. Di Sumatera Utara sendiri, ikan mas yang diolah jadi arsik biasanya berasal dari Danau Toba bukan ikan mas ternakan. Cara Membuat Arsik Ikan Mas Khas Batak Spesial – Arsik ikan mas merupakan salah satu makanan khas batak atau lebih tepatnya Sumatra Utara.Makanan ini sudah sangat populer di Sumatra, namun dengan seiring waktu makanan ini sudah tersebar luar ke berbagai kota di Indonesia termasuk juga di wilayah Jawa Barat. Bahan utama masakan ikan arsik adalah ikan mas tanpa yang dimasak tanpa dibersihkan sisiknya. Ikan dilumuri bumbu dan diungkep sampai matang. Setelah matang, ikan mas tidak boleh dibuka agar harumnya ramuan bumbu bisa tetap awet. Masakan ini lebih enak dimasak secara tradisional dengan menggunakan kayu bakar.