Resep Mie Gomak dan Cara Memasak

Mie Gomak

Iseng beli andaliman di market place,, niat hati ingin masak masakan khas Batak,, kenyataannya mager .. si andaliman kering cuma menuh"in rak bumbu aja dirumah 🤪 Baiklah dimulai bikin masakan yg mudah dulu aja ya spt bikin Mie Gomak . Mie nya sy pake mie lidi kering cap Harimau.. Andaliman ini khas bgt wangi dan rasanya,, kuahpun jd tambah sedap.

#PekanRayaMie #PekanPosbarMie

Bahan-bahan

  1. Mie lidi secukupnya, rebus hingga lunak. Tiriskan
  2. 2 buah wortel import, iris korek api
  3. secukupnya Air
  4. 1 sachet santan instan @65ml
  5. 2 lbr daun jeruk
  6. 1 btg sereh geprek
  7. 1 sdt kaldu jamur
  8. secukupnya Garam, gula dan lada,
  9. Bumbu halus :
  10. 6 siung bw merah
  11. 4 siung bw putih
  12. 1 sdm andaliman (sy pakai andaliman kering)
  13. 2 buah kemiri
  14. 1/2 sdt kunyit bubuk
  15. 1/2 ruas jahe
  16. 5 buah cabe rawit cengek (selera)
  17. 2 buah cabe merah keriting
  18. Pelengkap :
  19. 3 btr telur rebus, belah 2 (sy pakai telur asin)
  20. 2 btg daun bawang, iris
  21. Bw merah goreng
  22. Kerupuk udang

Langkah

  1. Panaskan sedikit minyak, masukkan sereh, daun jeruk dan bumbu halus. Tumis hingga bumbu wangi dan matang

    Mie Gomak langkah memasak 1 foto
  2. Masukkan wortel dan air secukupnya. Masak hingga wortel setengah empuk lalu tambahkan santan. Tambahkan sisa bumbu. Masak hingga kuah mendidih dan mengental. Koreksi rasa

  3. Penyajian : tata mie lidi di piring, siram dgn kuah, taburi dgn daun bawang dan bw merah goreng. Sajikan dgn telur rebus dan kerupuk udang

Sajikan mi gomak dengan pelengkap, seperti potongan telur rebus, bawang goreng, dan daun selada. Kamu bebas menambahkan topping lain, seperti ketimun, tomat, dan emping goreng. Mi gomak siap dinikmati selagi hangat, deh. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara memasak sederhana, kamu sudah bisa menyajikan mi gomak untuk keluarga di rumah. Mie Gomak [image source] Meski mirip dengan mie Aceh, kuliner ini sejatinya memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar dan padat. Karena menggunakan jenis mie lidi, maka dijuluki spaghetti-nya orang Batak. Salah satu daya tariknya adalah aroma rempah Andaliman. Yaitu bumbu masak khas alias mericanya orang Batak. Mie Gomak merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner khas tepian Danau Toba. Keistimewaannya tersua rasa pedas ketir dari percampuran cabai, bawang dan andaliman. Rasa ketir ini datang dari bumbu merica khas Toba bernama andaliman. Tumbuhan ini hanya bisa ditemukan di wilayah Sumatera Utara.

Mie Gomak – Fried Noodles from North Sumatra, Indonesia. The spicy noodles soup which is served in coconuts milk and andaliman based broth (its an Indonesian pepper closely related to Sechuan Pepper). I decided to do the Fried version instead. The special noodles is called Mie Lidi (Batak style spaghetti) which is quite similar to spaghetti Mi gomak. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Mie Gomak. Mi Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas suku Batak Toba dari Sumatra Utara. Masakan ini adalah masakan khas daerah sekitar Danau Toba, mulai dari Porsea, Balige, Laguboti, Tarutung, hingga Tapanuli Selatan. Mi ini juga dapat ditemukan di berbagai daerah Resep Mie gomak kuah (mie khas batak). 2 buah sayur labu diiris sesuai selera. Kalau aku diiris tipis memanjang. (Kalau tidak ada bisa diganti dengan 1 ikat sayur sawi atau kol)

Cara membuat mi gomak khas Batak. Rebus mi lidi selama lebih kurang 10 menit. Angkat dan tiriskan. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk. Tuang santan sambil aduk bumbu. Masukkan labu siam, aduk rata. Beri garam dan merica. Koreksi rasa. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang. Makanan ini disebut mi gomak karena dibuat dengan cara digomak-gomak dengan tangan. Mie gomak menggunakan mi lidi yang mirip spaghetti. Lebih khas lagi jika dimasak bersama merica andaliman khas Sumatera Utara. Bagaimana cara membuat makanan ini? Berikut resep dan cara membuat mie gomak goreng khas Medan, Sumatera Utara. Awalnya, diketahui bahwa kata “gomak” yang artinya digenggam menjadi salah satu kunci cara penyajian mie gomak medan juga menjadi bagian sejarah mie. Namun kini terkuak bahwa yang digenggam hanyalah bumbunya, mie hanya digenggam oleh pembuatnya jika perlu saja karena menjaga kehigienisan untuk kepercayaan pelanggan.

Mie gomak adalah mie andalan dari Medan jika anda pergi ke Medan tidak menyantap kuliner ini pasti deh pulang nggak bisa cerita. Soalnya rasanya itu…. dan nggak ada gunanya deh ke Medan. Eh tapi bagi anda yang kurang beruntung dan belum ada kesempatan untuk pergi ke Medan Insyaallah dengan resep kali ini mungkin bisa kok bikin sendiri di rumah. Need Help with Gomak Inc Case Study Analysis & Solution? Order Now for $12 Gomak Inc Case Study Solution - Gomak Inc Case Study is included in the Harvard Business Review Case Study. Therefore, it is necessary…

Gomak Inc, in regards to environmental effect is devoted to work in environment-friendly environment with conservation of the natural resources and energy. As due to the manufacturing of larger number of products there may be a threat if the resources utilized are recyclable or not. Resep mie gomak.Bahan Bahan :1. Mie lidi 1 per 2 bungkus2. Tempe 1 per 2 papan potong dadu3. Wortel 5 buah di potong4. Labu siam 1 dipotong potong5. Bawang merah 5 s Runequest in Glorantha RPG Character Creator. Rune Points (Telmor) 3: Damage Bonus +1D6: DEX Strike Rank: 2: Hit Points: 14: Healing Rate