Resep 528. Ikan Salai Bawang Batak dan Cara Memasak

528. Ikan Salai Bawang Batak

Minggu ini #PeppaCookCommunity_Sumbar jalan² ke Sumatra Utara. Kita dikenalin dengan bahan² lokal khas Sumatera Utara spt andaliman,bawang batak,rotan muda,dll. Trus juga di kenalin kuliner khas sana. Pematerinya Mak Aqlan (Een) yg selalu bisa bikin WAG heboh,orangnya kocak,ada aja yg bikin ketawa,mgkn kalo ketemu lgsg mamak glitikin smbil cubit² pipinya🤣🤣.

Nah tugasnya merecook masakan Mak Aqlan, berhubung kmren materinya ttg bahan² lokal Sumut,gag Afdhol rasanya kalo recook yg lain,scroll resep dr 400 sekian resep,akhirnya pilihan jatuh sama mie balap dan ikan Salai ini. Kayanya itu yg cocok dilidah,soalnya mo bikin arsik sama daun ubi tumbuk,mamak gag suka kincung 🙈.Demi² Mak Aqlan, mamak bela²in tadi ke pasar, dpatlah bawang batak sm inang² di pasar t. Enak kali ternyata... Aroma bawangnya itu menggoda 🤤

Source: Beranda Aqlan

#Bainai_BerandaAqlan #Basidoncek #PeppaCookCommunity_Sumbar

Bahan-bahan

2 orang
  1. 2 ekor ikan Salai patin (optional)
  2. 1 ikat bawang Batak
  3. secukupnya Minyak goreng
  4. Bumbu ulek kasar:
  5. 10 buah cabe merah keriting
  6. 5 siung bawang merah
  7. 1 siung bawang putih
  8. secukupnya Garam

Langkah

  1. Siangi bawang batak kemudian cuci,lalu potong-potong

    528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 1 foto 528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 1 foto
  2. Cuci ikan dengan air matang, kemudian goreng sebentar

    528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 2 foto 528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 2 foto
  3. Tumis bumbu yang diulek,masak hingga bau langu hilang, tambah bawang batak,aduk rata. Campurkan ikan ke cabe (me: cabe di siram ke ikan)

    528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 3 foto 528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 3 foto 528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 3 foto
  4. Sajikan

    528. Ikan Salai Bawang Batak langkah memasak 4 foto

wow masak ikan mas adalah adalah menu kesukaan saya, sapa yang suka dengan menu arsik batak??? yuk merapat kerumah, nanti aku masakin. hehe Panduan Mudah Mempersiapkan Arsik Ikan Merah Bawang Batak Enak. in Biasanya orang Batak memakai ikan Mas kalau masak arsik. Dagingnya lebih manis katanya. Memang betul sih. Tapi durinya banyak banget. Makanya saya lebih suka pakai ikan nila. Terserah anda mau pilih ikan yang mana. Dan bahan yang paling penting dari arsik ikan ini adalah andaliman atau merica Batak.

50 resep batak lokio ala rumahan yang sederhana dan lezat dari komunitas memasak terbesar dunia! Lihat juga cara membuat Sambel Lokio per Bawang Batak dan masakan sehari-hari lainnya. 5 buah bawang merah. 5 buah kepala ikan asin bakar. 1 buah jeruk kasturi jeruk nipis) Lihat cara membuat resep ini. Diterbitkan oleh. Rinna Ramadhayanty Panjaitan. pada 3 Maret 2022. Jika Kamu Merasa Tidak Berguna, Ingat Diluar Sana Ada Yang Sangat Bersyukur Bisa Mengenalmu. Tidak Semua Makna Terlihat Dan Terucap. Biasanya orang Batak memakai ikan Mas kalau masak arsik. Dagingnya lebih manis katanya. Memang betul sih. Tapi durinya banyak banget. Makanya saya lebih suka pakai ikan nila. Terserah anda mau pilih ikan yang mana. Dan bahan yang paling penting dari arsik ikan ini adalah andaliman atau merica Batak.

Ikan salai selais tersebut diolah bersama tahu dan bumbu-bumbu balado seperti bawang merah, cabai merah, garam serta tambahan air perasan jeruk nipis untuk memberi rasa berbeda pada hidangannya. Proses pengolahannya sesuai dengan resep salai selais balado khas Riau adalah dengan cara digoreng sampai kering lalu dimasak kembali bersama bumbu Cara membuat Ikan Mas Goreng Sambal Bawang Batak Lokio Masakan Khas Sipirok pun tidak sulit, dengan 5 langkah mudah, bisa dipastikan anda bisa membuat Ikan Mas Goreng Sambal Bawang Batak Lokio Masakan Khas Sipirok yang enak dan lezat. Seterusnya, lagu salai ikan kembung dalam kulit bawang dipotong menjadi kepingan sebelum dihidangkan. ikan itu dimasak dengan mudah dan mudah di rumah, dibekalkan snek ikan sejuk pada mana-mana hari atau meja tanpa lemak. Di samping itu, ia adalah sangat baik untuk makan tengah hari atau makan malam dengan hidangan sampingan kentang yang lazat.

Panduan Mudah Mempersiapkan Arsik Ikan Merah Bawang Batak Enak. in Ikan salai sambal bawang. Ikan salai ini biasanya dibuat dari ikan yang segar yang didapat dari sungai di Riau. Nah jika Anda pecinta Masakan Gulai ikan salai Khas Riau ini, Anda Ada banyak versi sambal tempoyak, salah satunya adalah sebagai berikut: haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, garam, gula. Asisten II menyampaikan, bahwa pada bulan September lalu Kota Sibolga mengalami deflasi sebesar 1,94%, yang dipengaruhi beberapa komoditi, seperti cabe merah, ikan segar, dan bawang merah. “Deflasi atau penurunan harga tidak selamanya akan berdampak baik bagi Kota Sibolga, Deflasi yang tinggi juga dapat berdampak buruk dan begitu juga dengan

Batakpedia.org - Di sela perhelatan Festival Danau Toba (FDT) yang lalu di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, di pinggir jalan Desa Ikan Mas Arsik dapat disajikan utuh atau sudah dipotong-potong. Bunda bisa membuat Ikan mas arsik khas batak menggunakan 8 bahan dan 7 langkah. Begini cara memasaknya. Bahan-bahan memasak Ikan mas arsik khas batak. Siapkan 2 kg ikan mas. Kamu butuh 2 ikat serai. Sediakan 3 bj asam cikala. Siapkan Secukupnya bawang batak. Sediakan Secukupnya Untuk menu sehari-hari, boleh-boleh saja kita mengganti ikan mas ini dengan ikan air tawar lain seperti mujair, lele atau nila. Meskipun enak, dalam adat Batak tidak semua orang boleh disuguhi arsik. Kepada Tulang (paman dari pihak ibu), kita tidak boleh menghidangkan masakan ini karena ada masakan lain yang lebih pantas per cocok.