Resep Lempah Ikan Tenggiri Nanas Bangka dan Cara Memasak

Lempah Ikan Tenggiri Nanas Bangka

Ceritanya kangen dan pengen nyoba masak lempah ikan nanas. Masakan ini salah satu masakan khas bangka. Segerr banget kuahnya. Rasa asem manis asin pedesnya bikin nagih. Aku kalau makan ini kuahnya harus banjir, jadi sengaja bikin kuahnya banyak.

Diresep ini aku bikinnya ngga terlalu pedes karena suami ngga bisa makan pedes. Jadi kalau kalian suka pedes bisa ditambah cabe rawit setan. Atau kalau ngga suka pedas cabe merah besarnya bisa dibanyakin, dan cabe keritingnya dikurangin.

Bahan-bahan

4 orang
  1. 7 potong ikan tenggiri
  2. 1 buah nanas potong-potong
  3. 2 batang serai potong jadi 2
  4. 1 ruas lengkuas geprek
  5. secukupnya Air asam jawa
  6. secukupnya Air
  7. secukupnya Garam, gula, penyedap
  8. Bumbu yang dihaluskan
  9. 7 siung bawang merah
  10. 1 siung bawang putih
  11. 2 buah cabe merah besar
  12. 8 buah cabe merah keriting
  13. Terasi secukupnya (digoreng/dipanggang dulu biar wangi)
  14. 4 buah kemiri sangrai
  15. 2 ruas kunyit sangrai (kalau besar kunyitnya pake satu ruas aja)

Langkah

  1. Masak air sampai mendidih, masukan nanas, serai, lengkuas, dan bumbu halus. Masak sampai bau langu bumbu hilang

  2. Masukan ikan, tunggu sampai 10 menit. Masukan air asam, gula, garam dan penyedap, koreksi rasa. Masak 5-10 menit lagi.

Lempah kuning atau lempah nanas khas Bangka terbuat dari tenggiri berkuah bumbu kuning. KOMPAS.com - Lempah kuning disebut juga lempah nanas adalah masakan berkuah segar berisi ikan tenggiri. Rasa segar tersebut berasal dari nanas dan air asam jawa. Bahan lempah kuning agak banyak tetapi cara membuatnya simpel. Ikan Tenggiri Lempah Nanas Woku khas Bangka Bangka yang terkenal dengan hasil laut nya dan salah satunya adalah Ikan Tenggiri. Ikan Tenggiri ini dimasak dengan bahan lokal yang terdapat di daerah tersebut seperti bawang merah, cabai merah, kunyit, sereh dan lain-lain. rasa yang ingin ditawarkan dari masakan ini adalah dari kesegaran ikan dan bumbu yang diracik yang ditimbulkan dari penyatuan TRIBUNBATAM.id - Lempah kuning yang juga disebut dengan lempah nanas adalah masakan berkuah segar berisi ikan tenggiri. Rasa segar tersebut berasal dari nanas dan air asam jawa. Bahan-bahan untuk membuat lempah kuning memang agak banyak, tetapi cara penyajiannya cukup simpel. Semua bumbu cukup kamu blender, kemudian campurkan bersama bahan lainnya.

Makanan yang musti coba kalo lagi di Pulau Bangka 👍 Lempah Ikan Nanas Bangka. Ikan tenggiri per kakap (saya pakai ikan sejenis cod fillet) • gula per sesua ikan selera • nanas dipotong2 • Bumbu kuah: • bumbu dasar kuning • kunyit bubuk (boleh skip jika dirasa sudah kuning) • serai geprek • daun salam remuk per sobek2. LinaS_Cuisine. Resep Lempah kuning Ikan Tenggiri Nanas Langkah Awal Yang Harus Kita Persiapkan Yaitu : Bahan : Ikan tenggiri 1 kg Nanas 1 buah Jeruk nipis 1 liter air 5 siung bawang merah 1 siung bawang putih 8 buah cabai merah keriting 3 buah cabai rawit 1 buah kemiri 1 ruas kunyit 1

Hidangan Serupa: Ragam Resep Masakan Ikan Tenggiri. 52 Resep Ikan Rumahan Praktis Terpopuler Dijamin Lezat. 15 Sajian Ikan Khas Nusantara yang Unik & Menggugah Selera. Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Bangka Belitung. 16 Aneka Resep Sop Khas Nusantara Enak dan Mudah Dibuat. 8 Aneka Resep Hidangan dengan Bumbu Dasar Kuning. Dear Bu Desi…. Selamat ya bu atas prestasinya sebagai juara I MasterChef 2… Saya termasuk org yang memfavoritkan ibu…:) Oya, sy pengin coba resep masakan Lempah Nanas Ikan Tenggiri dr ibu, tapi salah satu bahannya terasi bangka…boleh kan diganti terasi madura? karena sy tinggal di Jawa Timur…hehehe Jadi, ikan lempah kuning nanas tak sekedar lezat, pedas dan khas Bangka. Namun, kaya dengan kandungan gizi. Siapa yang tak mau mencobanya? Datanglah ke Pulau Bangka. Lempah kuning mudah ditemukan di setiap penjuru daerah. Soalnya, orang Bangka pasti biasa dengan ungkapan “Tiada hari tanpa lempah”.

RESEP HARI INI Resep Lempah Kuning Ikan Tenggiri khas Bangka, Tambah Nanas Biar Makin Segar Lempah kuning yang juga disebut dengan lempah nanas adalah masakan berkuah segar berisi ikan tenggiri. Kompas.com - Berita Indonesia dan Dunia Terkini Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Politik, Ekonomi, Travel, Teknologi, Otomotif, Bola Ikan Tenggiri Lempah Nanas Woku khas Bangka Bangka yang terkenal dengan hasil laut nya dan salah satunya adalah Ikan Tenggiri. Ikan Tenggiri ini dimasak dengan bahan lokal yang terdapat di daerah tersebut seperti bawang merah, cabai merah, kunyit, sereh dan lain-lain. rasa yang ingin ditawarkan dari masakan ini adalah dari kesegaran ikan dan bumbu yang diracik yang ditimbulkan dari penyatuan

Tenggiri Lempah Nanas Khas Bangka di Tokopedia ∙ Promo Pengguna Baru ∙ Cicilan 0% ∙ Kurir Instan. Padahal ikan tenggiri masak nanas khas bangka belitung yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan tenggiri masak nanas khas bangka belitung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Ada yang nyari resep masakan dari Bangka ini kah? Okelah, aku mau bagi-bagi resep nya , cekidott :D Bahan: 300 gr ikan tenggiri Nanas 500 gr 5 Belimbing wuluh Tomat cherry 2 Sereh Lengkuas Daun salam Asam jawa Gula merah Cabe rawit Air Bumbu yang dihaluskan: 2 siung bawang putih 7 siung bawang merah 1…