Resep Patin lempah kuning dengan nanas dan Cara Memasak

Patin lempah kuning dengan nanas

Ada yang cerita jika masakan khas Bangka adalah ikan lempah kuning,, penasaran rasanya. Cari resep dapat resep bunda Icha yg sama sama pakai patin. Resep original khas Bangka sih sebenarnya pakai tengiri, tapi punyanya ikan patin dan dieksekusi deeh. Rasanya segar campuran rasa asem, manis, gurih.

Bahan-bahan

3-4org
  1. 1 ekor ikan patin ukuran sedang potong2
  2. peras Air jeruk nipis
  3. 1 sdm air asam jawa
  4. Cabe rawit sesuai selera (me, 9buah utuh)
  5. Garam
  6. Gula
  7. Kaldu jamur
  8. Nanas ukuran sedang 1buah
  9. Bumbu halus
  10. 4 bawang putih
  11. 7 bawang merah
  12. Seruas jari kunyit
  13. Seruas jari jahe
  14. 3-4 buah kemiri
  15. 3 buah cabe merah besar
  16. Terasi

Langkah

  1. Potong patin menjadi 4-5 potong, cuci bersih. Lumuri dengan jeruk nipis peras. Diamkan sebentar

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 1 foto
  2. Kupas dan potong2 nanas

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 2 foto
  3. Blender bumbu halus dengan minyak sedikit

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 3 foto Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 3 foto
  4. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan air di blender bekas bumbu dan masukkan ke tumisan

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 4 foto
  5. Tambahkan air asam Jawa, cabe rawit

  6. Masukkan ikan patin dan potongan nanas

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 6 foto Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 6 foto
  7. Tambahkan garam gula dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Masak sampai ikan matang

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 7 foto
  8. Setelah matang tambahkan bawang merah goreng

    Patin lempah kuning dengan nanas langkah memasak 8 foto

Cara Membuat dan Masak Ikan Patin Lempah Nanas Bahan Memasak Lempah Patin Nanas. Ikan patin 500 gram, brsihkan lalu potong menjadi 5 bagina sama besar, dan dinginkan. Air biasa 600 ml. Buah nanas 250 gram yang diipotong berbentuk dadu sedang. Gula pasir 2 sdm. Bumbu Lempah Patin Nanas yang Dihaluskan; Irisan cabai rawit merah 1 sdm. Lempah kuning merupakan hidangan sup ikan khas Bangka Belitung. Olahan satu ini disajikan menggunakan kuah kuning dengan perpaduan bumbu rempah serta potongan buah nanas. Sensasi kesegaran cita rasa lempah kuning memang gak bisa dibohongi. Tak perlu pergi jauh-jauh ke sana untuk sekedar menikmatinya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. (Lempah Kuning Original dan Pakai Nanas). Lempah kuning terbuat dari bahan dasar ikan. Ikan yang biasa dipilih sebagai bahan baku cacak ikan adalah ikan tenggiri. Ikan Lempah Kuning adalah Kuliner Khas Bangka, bisa menggunakan Ikan pari, Ikan Patin, Ikan tenggiri dll. Mumpung lagi dirumah aja yuk Kita Cobain resep. Kamu bisa menyajikan Lempah

Lempah kuning atau lempah nanas khas Bangka terbuat dari tenggiri berkuah bumbu kuning. KOMPAS.com - Lempah kuning disebut juga lempah nanas adalah masakan berkuah segar berisi ikan tenggiri. Rasa segar tersebut berasal dari nanas dan air asam jawa. Bahan lempah kuning agak banyak tetapi cara membuatnya simpel. Lempah kuning merupakan hidangan sup ikan khas Bangka Belitung. Olahan satu ini disajikan menggunakan kuah kuning dengan perpaduan bumbu rempah serta potongan buah nanas. Sensasi kesegaran cita rasa lempah kuning memang gak bisa dibohongi. Tak perlu pergi jauh-jauh ke sana untuk sekedar menikmatinya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Lempah sendiri variasinya bermacam-macam, lempah kuning seperti yang saya posting kali ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, biasanya ikan tengiri atau ikan kakap dengan kuah yang berwarna kuning karena menggunakan kunyit pada bumbunya, umumnya dimasukkan juga potongan nanas atau mangga muda ke dalamnya.

Salah satunya yakni lempah kuning yang memiliki kuah dengan rasa pedas, asam dan segar. Ini merupakan perpaduan antaran ikan yang masih sangat segar dengan potongan nanas. Pindang Tulang Iga, Palembang Pindang Tulang Iga, Via Instagram resepkokiid. Sup pindang tulang iga merupakan kuliner yang memanfaatkan buah nanas sebagai bumbunya. Lempah memiliki arti makanan berkuah. Salah satu lempah yang populer adalah Lempah kuning yang terbuat dari ikan yang dipadukan dengan kuah kuning dari kunyit, lengkuas, bawang, cabai, dan terasi, serta ditambah buah nanas untuk menambah rasa asam dan aroma sehingga membuat sajian ini lebih istimewa. 3. Lempah Kuning Ikan Berujung. 1. Cuci bersih ikan berujung, baluri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. 2. Masukkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan daun jeruk. 3. Masak sampai mendidih lagi dan keluar wangi bumbunya. 4.

Yummy! Lempang Kuning, Olahan Ikan Dengan Kuah Nanas Asli Bangka; Yummy! Lempang Kuning, Olahan Ikan dengan Kuah Nanas Asli Bangka Jika kamu bepergian ke pulau Bangka, pastinya akan sering menjumpai kuliner bernama Lempah Kuning. Sajian olahan ikan lezat yang wajib dicoba. Masakan ikan yang tampak segar dengan warna kuning cerah serta berdampingan dengan beberapa potong nanas, humm..keliatannya segarr. Ternyata itu adalah masakan khas dari Pulau Bangka dan rupanya Ibu Ersa ini adalah asli orang Bangka. Nama masakan tersebut adalah Lempah Kuning Nanas. Lempah sendiri variasinya bermacam-macam, lempah kuning seperti yang saya posting kali ini menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, biasanya ikan tengiri atau ikan kakap dengan kuah yang berwarna kuning karena menggunakan kunyit pada bumbunya, umumnya dimasukkan juga potongan nanas atau mangga muda ke dalamnya.

Lempah kuning nanas khas Bangka ini sungguh menggugah selera. Nah sebenarnya waktu berkunjung ke blog mba Hesti, ada yang komen di posting gulai lempah kuningnya mba Hesti. Dari komen tersebut sepertinya saya tertarik untuk mencobanya, walaupun tidak disebutkan takaran bahannya. Hanya bahan-bahan serta cara membuatnya. Hafizh sejak udah bisa makan yang pedes2, jadi seneng banget makan ikan yang dimasak kuning kayak ginisampe keringetanIngredients: Ikan jenis apa aja kayaknya ok lah dibikin lempah kuning, dari tenggiri ampe ikan selar, gak masalahTapi kalo ikan tongkol aku belum pernah nyobain dilempah nanas. Cara membuat Lempah Kuning Ikan Dan Nanas pun tidak sulit, dengan 4 langkah mudah, bisa dipastikan anda bisa membuat Lempah Kuning Ikan Dan Nanas yang enak dan lezat. Cukup ikuti bahan dan langkah-langkah yang sudah kami berikan, seluruh resep sudah teruji dengan baik Tutorial Membuat Lempah Kuning Ikan Dan Nanas Menggoda Selera.