Resep Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar dan Cara Memasak

Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar

Lebaran gak bisa mudik karena covid. Harus masak sendiri demi menciptakan suasana lebaran di rumah.

Bahan-bahan

5 orang
  1. 2 kg beras
  2. 2 kelapa sedang (parut)
  3. Daun pisang (hamparkan di bawah sinar matahari sebentar)
  4. Garam 2 sendok makan rata

Langkah

  1. Angin2kan daun di bawah sinar matahari atau uapkan di atas panci. Hal ini dilakukan agar daun tidak gampang robek ketika ditekuk

  2. Lap dan potong2 daun. Lebih mudah menggunakan gunting. Dulu waktu masih kecil, Ibu suka menggunakan pisau dan dudukan bangsu sbg alas untuk memotong

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 2 foto
  3. Peras santan sebanding dgn ukuran beras. Biasanya saya menggunakan wadah untuk menakar jumlah beras. Nah santannya juga menggunakan wadah yang sama. 1: 1 santan dan beras

  4. Didihkan santan di atas wajan besar. Tambahkan garam. Aduk.

  5. Masukkan beras. Aduk sesekali agar tidak lengket di dasar wajan

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 5 foto
  6. Aduk-aduk terus sampai santannya habis dan beras setengah matang

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 6 foto
  7. Tunggu hingga agak dingin dan siap dibungkus.

  8. Ambil 2 sendok makan nasi setengah matang dan lipat.

  9. Tumpuk hasil lipatan buras agar lipatan tidak terbuka

  10. Ikat buras dengan tumpuk 2. Kalau tumpuk 3 maka akan lebih lama proses masaknya.

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 10 foto
  11. Siapkan panci ukurn 5kg. Ambil sisa-sisa daun dan letakkan di dasar panci. Tata buras di dalam panci. Tambahkan air sampai buras tenggelam. Tutup daun di atas buras.

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 11 foto
  12. Cek sesekali airnya. Kalau berkurang maka harus ditambahkan. Masak selama 4 jam. Semakin lama direbus maka daya tahan di suhu ruang akan semakin lama.

  13. Ketika sudah matang, angkat buras dan tata dengan posisi berdiri. Lapisi bawahnya dengan kain untuk menyerap tetesan air buras.

    Burasa/ Buras : Makanan Wajib Lebaran Suku Bugis Makassar langkah memasak 13 foto
  14. Selamat menikmati. Semoga rasanya cocok ☺️

Burasa. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. burasa. Burasa adalah salah satu panganan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Panganan ini dikenal juga dengan nama lapat, lontong bersantan atau buras. Bentuknya hampir mirip dengan lontong namun agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri. Burasa adalah salah satu panganan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Panganan ini dikenal juga dengan nama lapat, lontong bersantan atau buras.[1] Bentuknya hampir mirip dengan lontong namun agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri. Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan pada hari lebaran yang biasanya tersaji bersama coto makassar ataupun Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam. Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang.

Suku bugis di Makassar, Sulawesi Selatan dikenal sebagai pelaut dan perantau yang ulung. Dari Sabang sampai Merauke hingga ke negeri Jiran bisa dijumpai para perantau dari Tanah Bugis. Saat orang bugis akan melakukan perjalanan merantau, maka bekal makanan yang wajib dibawa adalah buras atau burasa. Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam. Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Buras merupakan makanan khas dari Suku Bugis yang berbahan dasar beras, rasanya terkenal gurih dan sering dijadikan pendamping makanan berkuah. Baca juga: Resep Nastar Anti Gagal ala Hotel, Yuk Buat di Rumah. Eksekutif Chef Suwanta dari Hotel Four Points by Sheraton Makassar menjelaskan apa itu buras. " Buras adalah makanan khas dari Suku Bugis

Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam. Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Buras merupakan makanan khas dari Makassar, makanan yang satu ini hamper menyerupai lentong, Cuma bentuknya saja yang agak pipih, dan di masak dengan cara yang berbeda. Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam. 12 resep buras bugis ala rumahan yang sederhana dan lezat dari komunitas memasak terbesar dunia! Lihat juga cara membuat Burasa' (Buras Bugis) metode 5.30.7.30 dan masakan sehari-hari lainnya.

Suku bugis di Makassar, Sulawesi Selatan dikenal sebagai pelaut dan perantau yang ulung. Dari Sabang sampai Merauke hingga ke negeri Jiran bisa dijumpai para perantau dari Tanah Bugis. Saat orang bugis akan melakukan perjalanan merantau, maka bekal makanan yang wajib dibawa adalah buras atau burasa. Hidangan Lebaran khas Bugis ini termasuk primadona. Khususnya saat merayakan Lebaran di Tana Ogi. Hampir sama dengan ketupat. Namun, suku Bugis (maupun Makassar) lebih memilih burasa’ dibandingkan ketupat. Bahan dasarnya beras pulen yang dimasak bersama santan kental. Beras ini dimasak setengah matang, ditambah daun pandan atau daun salam. Buras memiliki pengemasan yang mirip dengan lontong dan ketupat. Buras adalah salah satu makanan tradisional khas Suku Bugis, yang berasal dari Sulawesi dan sudah sangat melegenda. Makanan ini terbuat dari beras yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Bentuknya sendiri lebih pendek dari lontong.

Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam. Panganan ini terbuat dari beras yang dimasak tertebih dahulu dengan santan yang banyak hingga menjadi nasi lembek dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Buras; Makanan Khas Bugis Saat Lebaran di Karimunjawa Nasirullah Sitam. Rabu, Agustus 20, 2014 karimunjawa, kuliner, wisata, Buras merupakan makanan khas dari Makassar, makanan yang satu ini hamper menyerupai lentong, Cuma bentuknya saja yang agak pipih, dan di masak dengan cara yang berbeda. Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya tersaji bersama coto makassar ataupun opor ayam.