Resep Nasi Kebuli (bumbu instan) dan Cara Memasak

Nasi Kebuli (bumbu instan)

(resep 426)

Zaman sekarang serba praktis ya... Mau makan apa tinggal beli bumbu jadi. Termasuk ini nih, apalagi punya teman yg khusus produksi bumbu² nasi arab. Kalo bingung tinggal chat aja hehe... Tapi praktisnya ya ga praktis banget karena harus masak dulu, ga langsung tring langsung jadi (itu mah beli aja yg udah mateng yak 😆).Setidaknya dalam proses memasak itu ada proses berfikir kreatif yg menghasilkan psikologis yg positif. Setuju kan kalo memasak/baking itu salah satu me time yg menyenangkan (bagi yg hobi) ☺️.

-311221-

#PeppaCookcommunity_tangerang

Bahan-bahan

  1. 1 paket Nasi Kebuli berisi:
  2. 350 gr beras basmati, bumbu kebuli, samin, kismis, susu bubuk
  3. Bahan Tambahan
  4. 1/2-1 kg daging kambing/sapi/ayam
  5. 1 buah bawang bombay, cincang halus
  6. 5 buah bawang putih, cincang halus
  7. 4 buah bawang merah, iris
  8. 550 ml air
  9. 150 ml susu uht/santan/susu bubuk yg dicairkan
  10. 1 sdm gula pasir (opsional)

Langkah

  1. Kalo mau lebih cepat empuk dagingnya, memang lebih enak pake panci presto. Ga dipresto juga gpp.

    Saya campur dengan ayam, yg direbus dahulu agar cepat matangnya.

    Beras basmati dicuci dan direndam terlebih dahulu minimal 30 menit ya...

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 1 foto
  2. Potong² daging sapi seukuran selera.

    Iris bombay dan cincang halus bawang putih.

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 2 foto
  3. Tumis trio bawang dengan minyak samin hingga harum. Masukkan bumbu, tumis kembali hingga harum. Masukkan air (bisa air bekas rebusan ayam/daging).

    Ayam dan daging bisa langsung dimasukkan setelah tumisan bawang, untuk mengeluarkan kaldunya. Karena ayam daging sy sudah direbus, jadi masuknya setelah air.

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 3 foto Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 3 foto Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 3 foto
  4. Tambahkan susu bubuk. Masukkan deh daging dan ayamnya. Koreksi rasa ya... Masak hingga air sedikit menyusut.

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 4 foto Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 4 foto Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 4 foto
  5. Matikan api, ambil daging dan ayamnya. Pindahkan ke piring.

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 5 foto
  6. Masukkan beras basmati ke dalam air berbumbu kebuli. Di pertengahan masak, masukkan cabe hijau. Masak hingga nasi matang.

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 6 foto Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 6 foto
  7. Panggang daging dan ayam hingga kecoklatan. Digoreng juga boleh...

    Jadi deh...tata dan sajikan ☺️

    Nasi Kebuli (bumbu instan) langkah memasak 7 foto