Resep Nasi Hainam (sisa nasi putih tanpa kaldu) dan Cara Memasak

Nasi Hainam (sisa nasi putih tanpa kaldu)

Pagi pagi mau makan hainam , ada kaldu ayam kampung dikulkas , ada dada ayam, tp nasi sisa semalam masih banyak... Hix, sayang banget kalo masak nasi baru. Emang sih nasi hainam biasanya di masak sama kaldu ya. Tp kali ini aku ga masak pake kaldu dulu deh. Hasilnya enaaaaak banget asli gurih bun

Bahan-bahan

3 porsi
  1. 1 dada ayam broiler, iris tipis rendam gula,garam, bawang putih,totole
  2. 4 sdm Kecap asin cap angsa
  3. 2 sdm Saos tiram
  4. 2 ruas jari Jahe
  5. 2 batang serai
  6. 4 siung bawang putih, cingcang halus
  7. Minyak wijen
  8. Nasi putih 1.5 piring mentung
  9. Cabe merah

Langkah

  1. Dada ayam mentah iris tipis, rendam di air hangat 30mnt dgn 1sdm gula, 1/2sdm garam, sejumput bubuk bawang putih, lada, totole. Setelah 30menit, rebus sedikit air hingga matang, buang airnya. Sisihkan ayam matang di piring.

  2. Tumis 1 siung bawang putih dengan wijen, hingga kecoklatan. Jgn sampai hangus, api kecil saja ya. Lalu taburkan semua diatas ayam rebusan. Jadi deh ayam hainam.

  3. Lalu buat kuah dan nasi nya ya...

  4. Masukan air dan kaldu ayam 500ml, rebus hingga mendidih.

    Nasi Hainam (sisa nasi putih tanpa kaldu) langkah memasak 4 foto
  5. Tumis 3 siung bawang putih, batang serai, jahe digeprek. Ambil sedikit minyak dan jahenyan, masukan ke kuah kaldu. Jadi deh kuahnya.

    Nasi Hainam (sisa nasi putih tanpa kaldu) langkah memasak 5 foto
  6. Sisa tumisan jahe, serai dan jahe, kita lanjutkan masukan kecap asin dan saus tiram dan totole. Aduk sebentar, masukan nasi putih, diaduk hingga rata. Cek rasa, boleh tambah garam. Jadi deh nasi hainam.

  7. Untuk sambalnya, cukup rebus cabe merah dgn sedikit air, uleg, sisihkan ke piring kecil, dan tambahkan kecap asin.

  8. Jadi deh 🥰