Resep Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang dan Cara Memasak

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Dulu ketika masih kuliah, ada teman dari Sumatra yang bilang, kalau di Padang ketika masak rendang, Uleg bumbunya sampai halus banget, sampai biji-biji cabainya tidak keliatan. Denger cerita itu saya takjub, (saya nguleg sambel aja bukan hanya bijinya, kulit cabenya saja saya belum bisa halus. Hiks) Tapi penasaran juga, pantesan masakan Padang itu terasa 'legend', salah satunya mungkin karena mereka serius sekali ketika masak, mengolahnya dengan hati dan jiwa. Jadi masakannya bisa terasa 'ruh'nya.

Jadi sekarang, gegara omongan temen saya itu, saya menghaluskan bumbunya sampai halus bener, pakai blender bumbu sih. Tapi lebih lama, sekitar 5 menitan. Saya tambahkan sedikit air. Agar blendernya lebih halus.

Ini resep andalan saya, mirip sama rumah makan Padang andalan kami. Ayahnya anak-anak suka sekali masakan Padang, dan kata beliau, ini lebih enak dari beli. Ahhh, senangnya, hehe

Oh ya, karena terlalu sering masak rendang, sekarang berasa bikin rendang kayak tumisan aja. Simpel, gampang. Mungkin karena dibikin santai aja, jadi rasanya kaya bikin tumisan biasa, tinggal aduk-aduk bentar. Rada serius di menit-menit akhir, sampai menghasilkan daging empuk dan keluar minyaknya. ❤️❤️❤️

#RendangIhda #PeppaCookCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg daging (iris)
  2. 1 liter santan dari 1 butir kelapa (pisahkan santan encer kental
  3. Sejari kayu manis
  4. 3 buah cengkih
  5. 1 buah bunga pelak/lawang
  6. 3 buah kapulaga
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 buah serai ukuran besar (memarkan)
  9. 3 cm lengkuas (memarkan)
  10. 1 sdm gula merah (optional)
  11. secukupnya Garam dan kaldu bubuk
  12. Bumbu halus:
  13. 10-15 siung bawang merah
  14. 5 siung bawang putih
  15. 15-20 buah cabai merah keriting
  16. 1/2 sdt jintan
  17. Sejempol jahe
  18. 1 sdt lada bubuk
  19. 1 sdm ketumbar bubuk

Langkah

  1. Siapkan bahan-bahan. Awali dengan membaca basmalah, sholawat dan berdoa.

  2. Campur daging iris dengan bumbu halus, aduk rata. Masukkan daun salam, lengkuas, serai, kapulaga, bunga pekak, kayu manis dan cengkih. Tambahkan santan encer. Aduk rata. Masak sampai kuah hampir menyusut. (Distep ini, tidak harus diaduk terus, cukup sesekali saja, untuk memastikan bumbu tidak mengendap di bawah yang menyebabkan jadi gosong)

  3. Tambahkan santan kental, bumbui dengan garam dan gula, aduk rata. Aduk sesekali. Pastikan santan tidak pecah dan bumbu tidak mengendap.

    Ketika kuah semakin menyusut, aduk terus rendang sampai mengeluarkan minyak dan daging empuk. Koreksi rasa. Matikan api.

    Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang langkah memasak 3 foto
  4. Sajikan dengan senyum, cinta dan doa. 🤍

    Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang langkah memasak 4 foto