Resep Tumpeng Nasi Kuning dan Cara Memasak

Tumpeng Nasi Kuning

Ketiga kalinya nekat bikin tumpeng..2x tumpeng besar dlm rangka bdaynya paksu, 1x bikinnya tumpeng mini buat bdaynya si bocil ksayangan..berhubung emg bukan tkg masak apalagi chef, tiap mau masak cari resep dulu..jadilah hasil gak slalu sama..harap maklum­čĄú berhubung br kmrn jd msh inget lah ya takarannya, simpen d PeppaCook aja deh kalo lain waktu mau bikin lg..

Bahan-bahan

15-20 orang
  1. Bahan Nasi Kuning:
  2. 14 cup beras (cup yg dr rice cooker, aku lupa 1 cup brp ukurannya
  3. Santan kental dr 1 buah kelapa
  4. 10 lembar daun salam
  5. 6 lembar daun jeruk
  6. 3 batang serai, geprek
  7. 5 cm jahe (dikira┬▓ aja)
  8. 5 cm lengkuas (dikira┬▓ aja jg)
  9. 2 ikat daun pandan (aku lg gada,jd kali ini aku skip)
  10. secukupnya Garam
  11. Bumbu Halus:
  12. 6 siung bawang merah
  13. 6 siung bawang putih
  14. 5 cm kunyit

Langkah

  1. Cara memasak nasi: Cuci bersih beras, tiriskan dan diamkan sekitar 30 menit. (Berasnya gak aku rendem air ya)

  2. Tumis bumbu halus tanpa minyak (aku pake wok), masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe. Setelah agak harum masukkan santan.

  3. Masukkan beras yg tadi, kemudian tambahkan garam. Masak hingga air menyusut, kalo berasnya kaya msh agak keras bs ditambahin air panas terus di masak lagi. (Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembek ya, jd dikira┬▓ aja sekiranya udah cukup jangan ditambahin air lg)

  4. Icip dulu apakah sudah berasa garam. Kalo sudah pas rasanya tutup dandangnya, diamkan sekitar kurleb 30 menit (sambil masak lauk yg lain aja.)

  5. Pindahkan beras yg td sudah diaron ke dalam kukusan. Kukus sampai matang. Kemarin saya ngukus 1 jam. Jangan lupa diaduk, biar matengnya rata. Dicobain aja apakah sudah mateng, jangan sampai masih ngeletes ya bunds.. Kalo udah mateng pindahin k baskom besar, aduk2 sambil kipasin dan buangin sampah┬▓ daunnya.. Kemarin aku nyetak setengah anget, biar msh agak lengket..Kalo nasinya keburu dingin bgt jd ambyar pas dicetak..Nyetaknya diteken┬▓ sampe padet ya, biar gak runtuh nasi kuningnya..

  6. Kalo udah dicetak, tambahin lauk pauk dan hias┬▓ cantik sesuai selera dan kemampuan masing┬▓..

    Kalo aku lauknya: Ayam goreng serundeng Telor bacem Tempe orek kecap Sambal goreng kentang pete Mie goreng

    Selamat mencoba ya bunds, semoga berhasil dan hasilnya sesuai keinginan..­čą░

    Tumpeng Nasi Kuning langkah memasak 6 foto