Resep Lapis Surabaya dan Cara Memasak

Lapis Surabaya

Semangat Hari Senin! Memulai perjalanan #PejuangGoldenBatikApron dengan penuh semangat. Semangat keluarin resep dari draft dulu ya, biar nggak feeling gulty terus tiap lihat foto resep yang nggak ditulis-tulis. Padahal sudah sepenuh hati pas eksekusinya.Lapis Surabaya ini saya bikin ketika dapat limpahan kuning telur banyak banget dari tetangga baik hati yang punya usaha dessert berbahan utama putih telur. Udah dibikin roti, donat, puding ternyata masih sisa banyak.Akhirnya kecantol deh cobain lapis Surabaya resepnya Ci Tintin Rayner @cook_2668114Asli enak pisan. Seneng banget kue favorit ternyata bisa bikin sendiri dan rasanya gak kalah enak dengan beli di bakery.

#PeppaCookCommunity_Depok

Bahan-bahan

  1. Bahan A
  2. 15 butir Kuning telur
  3. 1 butir Putih Telur
  4. 140 gr Gula Pasir
  5. 1/2 sdt Esens Vanilla
  6. Bahan B
  7. 150 gr Butter
  8. 1 sdm Susu Kental Manis
  9. Bahan C
  10. 50 gr Terigu Segitiga
  11. 5 gr Maizena
  12. 10 gr Susu Bubuk
  13. Bahan D
  14. 1 sdm Coklat Bubuk
  15. Selai stroberi untuk filling

Langkah

  1. Mixer semua bahan A dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental berjejak. Sisihkan, lalu Mixer semua bahan B sampai mengembang/ fluffy dan pucat (pastikan bener2 fluffy)

    Lapis Surabaya langkah memasak 1 foto Lapis Surabaya langkah memasak 1 foto Lapis Surabaya langkah memasak 1 foto
  2. Campur bahan A ke B secara bertahap pake spatula dengan teknik aduk lipat. Harus ekstra hati-hati karena warnanya hampir sama dan kalo ga merata hasil kuenya bisa bantet.

    Lapis Surabaya langkah memasak 2 foto Lapis Surabaya langkah memasak 2 foto Lapis Surabaya langkah memasak 2 foto
  3. Masukkan bahan C dengan cara diayak di atasnya sambil diaduk pake spatula hingga rata

    Lapis Surabaya langkah memasak 3 foto
  4. Bagi menjadi 2 sama rata, 1 bagian diberi bubuk coklat. Tuang dalam loyang yang sudah diberi alas kertas roti

    Lapis Surabaya langkah memasak 4 foto
  5. Panggang 180 derajat celcius selama 30 menitan ato sesuaikan oven masing2 yaa

    Lapis Surabaya langkah memasak 5 foto
  6. Keluarkan dari loyang tunggu uapnya hilang lalu tangkupkan keduanya, diisi dengan filling kesukaan sambil sedikit ditekan. Saya pakai isian selai stroberi.

    Lapis Surabaya langkah memasak 6 foto