Resep Pudding Lapis Surabaya Low Sugar dan Cara Memasak

Pudding Lapis Surabaya Low Sugar

Imlek identik dengan kue lapis legit yang sarat dengan telor dan butter. Banyak yang mengurangi telor dan butter dengan alasan kesehatan. Jadi sebagai alternatif, Pudding Lapis Surabaya Low Sugar ini bisa menjadi salah satu pilihan yang yang cukup digemari. Jika suka manis, maka boleh ditambahkan gula lagi sesuai selera.

Bahan-bahan

  1. Layer 1, 3, 5 dan 7 (Lapisan Bening)
  2. 1 bungkus agar² Swallow warna coklat
  3. 750 ml air
  4. 5 sdm gula pasir (48 gram)
  5. Layer 2 dan 6 (pudding butter)
  6. 1 bungkus agar² Swallow putih
  7. 700 ml suhu UHT Plain
  8. 5 sdm gula pasir (48 gram)
  9. 25 gram unsalted butter
  10. 1 butir kuning telur omega
  11. 2 tetes pewarna kuning terang (me : skip)
  12. Layer 4 (Coklat)
  13. 1 bungkus agar² Swallow coklat
  14. 700 ml UHT Coklat
  15. 0 gram gula pasir karena susu coklat udah manis
  16. 50 gram dcc potong kecil²

Langkah

  1. Siapkan loyang 20 x 20 cm Basahi dg air matang supaya pudding mudah dilepas setelah mengeras.

  2. Letakkan loyang di meja yang rata. Jika dirasa posisi loyang/meja tidak rata, ganjel bagian bawah loyang sedemikian rupa sehingga posisi loyang rata supaya hasil pudding akan rapi dan sama tinggi.

  3. Lapisan ke-1, ke-3, ke-5 dan ke-7 - Layer Bening Campur air, agar² dan gula, aduk rata dg whisk sampe kecampur rata, kemudian masak sambil diaduk hingga mendidih.

  4. Setelah mendidih, ukur dan tuang agar² bening sebanyak 160ml dan tuang ke loyang. Biarkan mengeras.

  5. Panaskan air di panci besar hingga mendidih. Letakkan panci yang berisi sisa agar² bening di dalam panci besar di atas kompor dg api kecil. Dengan demikian agar² bening tidak akan mengeras, untuk digunakan lapisan 3, 5 dan 7. Jika mengeras, masak kembali sampe mencair. (gambar hanya sebagai pedoman, dan ini adalah lapisan pudding butter untuk lapisan 2 dan 6 yang dimasak sekaligus)

    Pudding Lapis Surabaya Low Sugar langkah memasak 5 foto
  6. Lapisan ke-2 dan ke-6 - Layer Pudding Butter Cairkan butter dan sisihkan hingga suhu ruang. Kemudian campurkan kuning telor ke butter yang sudah cair dan dingin. Aduk sampai homogen saja. Sisihkan

  7. Masak susu UHT plain bersama agar² dan gula hingga ½ mendidih. Matikan api.

  8. Ambil sedikit pudding butter dan tuang ke kuning telor dan butter, aduk cepat sampai homogen dan tuang kembali ke panci pudding butter. (Jika ingin menggunakan pewarna, teteskan bbrp drop ke pudding butter pada step ini). Nyalakan api kembali dan masak sambil diaduk terus hingga mendidih.

  9. Saring adonan pudding butter dan ukur kira² 700 - 800ml (harus sama dg ukuran lapis coklat dan butter sehingga rapi) dan tuang ke layer 1. Pastikan layer sebelumnya dah mengeras.

  10. Pada saat menuang pudding butter, harus dalam keadaan panas dan layer sebelumnya sudah mengeras sehingga antar layer bisa menempel dengan sempurna.

  11. Sisihkan dan biarkan permukaan pudding butter mengeras. Boleh dibantu kipas angin tapi jangan masukkan ke kulkas.

  12. Lapisan ke-3 - Layer Bening Ambil sedikit agar² bening (step 6) dan ukur 160ml. Jika agar² bening dirasa kurang panas, boleh dimasak sebentar lagi (step no.13). Tuangkan ke lapisan pudding butter secara perlahan dan pastikan permukaan layer pudding butter telah mengeras sehingga lapisan akan rapi (tidak bergelombang)

  13. Layer ke-4 - Lapisan pudding coklat Masak susu UHT coklat, agar², dan dcc yang telah dipotong kecil². Masak sambil diaduk² sampai mendidih. (Jika suka manis, boleh tambahin gula pasir di step ini)

  14. Setelah mendidih, saring pudding coklat dan ukur sebanyak 700 - 800ml (sesuai dengan layer pudding butter). Pastikan permukaan lapisan bening sudah mengeras sebelum menuang pudding coklat.

  15. Lapisan ke-5 - Layer Bening Ulangi step No.12 Ambil sedikit agar² bening (step 6) dan ukur 160ml. Jika agar² bening dirasa kurang panas, boleh dimasak sebentar lagi (step no.13). Tuangkan ke lapisan pudding coklat secara perlahan dan pastikan permukaan layer pudding butter telah mengeras sehingga lapisan akan rapi (tidak bergelombang)

  16. Lapisan ke-6 - Layer Pudding Butter Ulangi step No. 6 - 9

  17. Lapisan ke-7 - Layer Bening Ulangi step No.12 Ambil sedikit agar² bening (step 6) dan ukur 160ml. Jika agar² bening dirasa kurang panas, boleh dimasak sebentar lagi (step no.13). Tuangkan ke lapisan pudding butter secara perlahan dan pastikan permukaan layer pudding butter telah mengeras sehingga lapisan akan rapi (tidak bergelombang)

  18. Semua lapisan telah selesai dan sekarang tinggal menunggu pudding dingin dan mengeras. Kemudian masukkan ke kulkas. Sebelum disajikan, baru lepaskan dari loyang sehingga tidak berair.Kemudian potong sesuai selera. Siap disajikan.

  19. Tips : 1. Jika lapisan bening airnya berkurang karena menguap (dipanaskan terus selama proses), maka boleh tambahin sedikit air putih lagi dan masak sampai mendidih. 2. Supaya semua layer bisa merekat dengan baik tanpa lepas waktu dipotong, maka sebelum menuang pudding, pastikan permukaan pudding sebelumnya telah mengeras dan pudding yang akan dituang harus dalam keadaan panas. 3. Cara melepaskan pudding dari loyang, tekan sedikit pinggiran biar udara masuk dulu, jadi memudahkan untuk dilepas.