Resep Kue Lapis Tepung Beras Pelangi dan Cara Memasak

Kue Lapis Tepung Beras Pelangi

(resep 444)

Alhamdulillah kesampaian juga bikin kue pepe (lapis) yg pelangi, walaupun belum rapi 🤭. Masih pake resep yg sama dengan yg dulu aku bikin, karena aku sukanya kue pepe tepung beras jadi ga begitu kenyal. Penasaran mau bikin ga? Hayuk atuh dicoba. Tapi untuk buat kue pepe ini banyak yg harus diperhatikan, salah satunya air dalam kukusan jangan sampai habis karena bisa gosong dan berpengaruh ke bau kuenya 😆. Cuzz baca dan pahami resep ini sampai selesai ya... insyaalloh berhasil. Good luck!

-180222-

#PeppaCookcommunity_tangerang #pejuanggoldenbatikapron

Bahan-bahan

  1. 200 gr tepung beras
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 150 gr gula pasir (bisa dikurangi 5-10 gr)
  4. 700 ml santan (enaknya sih santan peras)
  5. 1/4 sdt garam
  6. Pewarna/pasta makanan/pewarna alami

Langkah

  1. Rebus santan beserta gula pasir, garam dan daun pandan. Sering diaduk ya biar ga pecah dan gosong. Matikan api bila santan sudah mendidih dan gula larut. Diamkan hingga suhu ruang atau hangat karena santan akan dicampur dengan tepung jadi ga boleh panas. Santan juga jangan dingin ya karena nanti tepung akan mengendap.

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 1 foto
  2. Tuang ke dalam wadah tepung beras, tapioka dan garam. Masukkan santan, aduk rata jangan ada yg bergerindil. Bila perlu disaring.

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 2 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 2 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 2 foto
  3. Bagi adonan menjadi dua sama banyak. Kalo caraku dimasukkan ke dalam gelas ukur untuk tahu berapa banyak hasilnya.

    Adonan 1: biarkan tanpa warna, bila mau hasilnya lebih putih bisa ditambahkan pewarna putih. Adonan 2: bagi rata menjadi sebanyak warna yg diinginkan. Karena aku mau 5 warna, jadi adonan 500 ml dibagi menjadi 5 bagian masing² warna 100 ml.

    Teman² bisa langsung bagi menjadi beberapa wadah dan diberi warna, tapi karena aku tipe ga mau banyak cucian jadi cukup satu wadah 😁.

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 3 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 3 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 3 foto
  4. Oles loyang dg sedikit minyak dan alasi dengan plastik. Didihkan air dalam kukusan. Tutup kukusan bungkus dengan serbet bersih. PENTING: perhatikan posisi loyang ketika sudah masuk ke dalam kukusan karena kadang posisinya suka miring (ga rata), jadi nanti hasil kue pepenya miring. Solusinya adalah diganjel.

    Mengenai berapa banyaknya adonan yg dituang ke loyang tergantung mau berapa lapis dan ukuran loyang. Kalo aku perlapis cukup 2 centong sayur (centongku dan centongmu bisa beda loh ya 🤭).

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 4 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 4 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 4 foto
  5. Tuang warna pertama sebanyak 2 centong, kukus sekitar 5 menit. (Cek terlebih dahulu apakah adonan sudah bisa ditimpa dg adonan berikutnya) Tuang warna putih 2 centong secara perlahan, kukus 5 menit. Tuang lagi masih dg adonan warna pertama (karena aku maunya tiap warna ada 2 lapis). Kukus kembali sekitar 5 menit.

    SELALU ADUK ADONAN YA SEBELUM TUANG KE LOYANG, karena adonan yg didiamkan akan mengendap di bawah.

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 5 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 5 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 5 foto
  6. Nah ini caraku biar ga banyak wadah yg dicuci. Setelah warna sebelumnya habis, cukup dibilas lalu masukkan 100 ml warna putih kemudian beri warna yg lain.

    JANGAN LUPA CEK AIR KUKUSAN!

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 6 foto
  7. Lapisan terakhir kukus selama 25 menit.

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 7 foto Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 7 foto
  8. Jangan keluarkan kue dari loyang sebelum kue dingin. Panas cuy! Kecuali udah kebal 😜.

    Tunggu hingga kue dingin ya baru boleh dipotong. Motongnya pun pisaunya harus dilumuri dengan minyak baru atau pisaunya dibungkus dengan plastik.

    Jadi deh drama kita berjam² untuk bikin pepe ini 🤗. Alhamdulillah...

    Kue Lapis Tepung Beras Pelangi langkah memasak 8 foto