Resep Pukis Brokoli dan Cara Memasak

Pukis Brokoli

(resep 448)

Diceritakan pada zaman penjajahan dahulu, beberapa pemuda Desa Sampang Kebumen diculik oleh penjajah untuk membuat kue pukis. Pemuda tsb tidak ada yg tahu resep kue pukis yg mereka buat. Hingga suatu hari, seorang dari mereka mendapat bocoran rahasia resep kue pukis. Karena bosan dijajah, akhirnya seorang pemuda yg tahu resep tsb melarikan diri. Dan tak butuh waktu lama, akhirnya mempraktekkan resepnya. Hasilnya, kue pukis terkenal sampai seluruh Indonesia.

Kalo Pukis Brokoli ini adalah hasil kreasi dari Umminya Azzam yg lagi kepengen makan pukis. Ah kenapa ga sekalian brokolinya dimasukin ke adonan, secara gitu kan CP dan Cocomtang ada event tentang brokoli. Pun bisa masuk kategori sayur ngumpet nih untuk anak² 😊. -270222-

Masih pake resep Mba Niemas Setyowati, tapi aku modif pake brokoli

#PeppaCookcommunity_tangerang #cocomtangpost_sayurkribo #pekanposbar #brokoli #pejuanggoldenbatikapron

Bahan-bahan

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 150 gr gula pasir
  3. 2 butir telur ayam
  4. 100 gr margarin cair
  5. 300 ml santan
  6. 1/2 sdt ragi
  7. 3 sdm kental manis putih/1 sachet
  8. Secukupnya vanili
  9. 1 kuntum brokoli
  10. Topping
  11. Keju parut/iris
  12. Meses

Langkah

  1. Potong dan cuci brokoli. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan brokoli. Rebus sekitar 3 menit. Angkat dan langsung rendam di dalam air es agar proses pematangan berhenti dan warnanya tetap cantik.

    Pukis Brokoli langkah memasak 1 foto Pukis Brokoli langkah memasak 1 foto Pukis Brokoli langkah memasak 1 foto
  2. Cairkan margarin. Sisihkan hingga dingin.

    Pukis Brokoli langkah memasak 2 foto
  3. Kocok telur dan gula dengan whisker hingga rata dan gula sedikit larut. Masukkan terigu, ragi, vanili dan santan. Aku tambahkan garam 1/2 sdt. Aduk hingga rata, tidak ada yg bergerindil.

    Pukis Brokoli langkah memasak 3 foto Pukis Brokoli langkah memasak 3 foto Pukis Brokoli langkah memasak 3 foto
  4. Tambahkan margarin cair. Aduk rata kembali. Tutup dengan serbet bersih dan diamkan 1 jam.

    Pukis Brokoli langkah memasak 4 foto Pukis Brokoli langkah memasak 4 foto Pukis Brokoli langkah memasak 4 foto
  5. Setelah 1 jam adonan akan berbuih menandakan ragi aktif.

    Pukis Brokoli langkah memasak 5 foto
  6. Masukkan brokoli cincang ke dalam adonan. Aduk rata.

    Bisa aja brokolinya dimasukkan ke dalam blender/chopper sekalian, jadi warnanya agak hijau. Tapi aku lebih memilih dicincang halus agar terlihat spot² hijau.

    Pukis Brokoli langkah memasak 6 foto Pukis Brokoli langkah memasak 6 foto
  7. Cetakan harus (kalo teflon sih ga usah) sudah dioles margarin tipis dan dipanaskan ya. Baru deh masukkan adonannya ke cetakan. Cukup 3/4 dari tinggi cetakan karena nanti adonan akan naik. Gunakan api kecil.

    Bila adonan sudah mulai setengah matang (ada gelembung udara) bisa diberikan topping.

    Tutup agar proses pematangan berjalan sempurna.

    Pukis Brokoli langkah memasak 7 foto Pukis Brokoli langkah memasak 7 foto Pukis Brokoli langkah memasak 7 foto
  8. Bila adonan sudah terlihat matang (kering) bagian atasnya dan kecoklatan di bagian bawah, artinya kue pukis siap dipanen ☺️.

    Rasanya gimana nih? Masih dominan rasa pukis ditambah sedikit taste brokoli.

    Hasil kue ini lebih berisi kokoh dibanding abang² jual, karena resep ini murni santan tanpa tambahan air lagi.

    Pukis Brokoli langkah memasak 8 foto

Cara Membuat Kue Pukis Empuk, Enak Sederhana, Enak dan Nikmat Cara Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Kue: Untuk yang pertama dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kue kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kali ini. Tumis brokoli tersebut sampai menjadi layu. Tambahkan kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk sampai merata. Tuangkan air, tunggu air sampai mendidih dan semua bahan menjadi matang. Itulah resep dan cara masak tumis per cah brokoli saus tiram yang gurih, enak dan sederhana. Gak sengaja bikin kue ini, udah lama banget jalan jalan dengan anak anak tanpa sengaja ketemu cetakan kue pukis, kebetulan si kecil paling suka kue ini akhrinya saya beli, sampai di rumah saya coba buat,ternyata anak-anak suka resep ini dari mama saya asli enak dan anti gagal

Bahan-bahan. 2 bonggol batang brokoli. 2 bh wortel. 4 helai buncis. 1 sachet saos tiram. 1 sdt kaldu jamur. 1 1 per 2 sdt gula pasir. 1 per 2 sdt garam. 2 sdm minyak goreng. Cara Membuat Kue Pukis Empuk, Enak Sederhana, Enak dan Nikmat Cara Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Kue: Untuk yang pertama dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kue kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kali ini. Tumis brokoli tersebut sampai menjadi layu. Tambahkan kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk sampai merata. Tuangkan air, tunggu air sampai mendidih dan semua bahan menjadi matang. Itulah resep dan cara masak tumis per cah brokoli saus tiram yang gurih, enak dan sederhana.

The live Brokoli Network price today is $0.100896 USD with a 24-hour trading volume of $73,469.06 USD. We update our BRKL to USD price in real-time. Brokoli Network is up 2.94% in the last 24 hours. The current CoinMarketCap ranking is #1417, with a live market cap of $2,363,685 USD. It has a circulating supply of 23,426,942 BRKL coins and a Bahan Utama Tumis Brokoli Saus Tiram. 300 gram brokoli. 100 gram jamur shitake segar. 2 buah cumi. 150 ml air. 1 sendok teh maizena dan 1 sendok teh air. 1 sendok makan minyak. Baca Juga Resep Masakan dan Cara Membuat Brokoli Jamur Shitake yang Enak dan Sederhana. Dalam kategori ini berisi kumpulan resep dengan bahan dasar brokoli yang bisa dijadikan referensi dalam menyajikan menu hidangan utama untuk keluarga di rumah. Rasa dari sayur dan tumis brokoli yang enak nan sehat ini bisa meningkatkan selera makan anda dan keluarga. Oleh sebab itu, yuk coba buat resep dari kami ini di rumah!