Resep Nasi gegok khas Trenggalek ala Ria Safira dan Cara Memasak

Nasi gegok khas Trenggalek ala Ria Safira

Trenggalek punya kuliner khas yaitu Sego Gegok ( Nasi Gegok dalam Bahasa Indonesia ). Nasi gegok ini punya keistimewaan yaitu sederhana dan cita rasa pedas gilaa,,yang di percaya bisa menyembuhkan sakit kepala dan pilek,lho kok ??? Karena setelah makan nasi gegok di jamin keringat mengucur karena kepedesan,mungkin inilah yang bisa menyembuhkan sakit kepala dan pilek hehehe...Nasi gegok akan terasa nikmat di makan di daerah asalnya yaitu Kecamatan Bendungan, tepatnya sekitar 4 Km arah ke utara dari Alun - alun kota Trenggalek, karena di sana hawanya dingin dan warung yang terkenal menjual nasi gegok ini adalah warung Mbah Tumirah yang lokasinya di dataran tinggi dan pemandangan alamnya yang masih asri dan indah. Nasi gegok akan terasa nikmat di makan saat masih hangat di temani tempe goreng atau bola - bola tahu hangat . Dan yang istimewa dari nasi gegok Mbah Tumirah di masak di tungku jadi aroma daun pembungkus nasi gegok yang di masak di atas tungku itu ada sensasi rasa dan aroma tersendiri di bandingkan dengan memasak di kompor .Dan karena di rumahku nggak pakai tungku akhirnya eksekusinya di kompor gas aja,,tapi gak kalah nikmat kok nasi gegok ala saya,,,,hehehehe

Bahan-bahan

  1. 500 gram beras
  2. 250 gram teri
  3. 250 gram cabe atau sesuai selera
  4. 100 gram bawang merah
  5. 50 gram bawang putih
  6. secukupnya garam
  7. secukupnya gula pasir
  8. minyak untuk menumis
  9. daun pisang dan lidi secukupnya

Langkah

  1. Cuci bersih beras dan kita buat aron dengan mengukus beras di dandang. Dan saat memasak nasi aron sekalian kita kukus bumbu sambalnya, yaitu cabe,bawang merah dan bawang putih kita bungkus dengan daun pisang dan semat dengan lidi dan kukus bersama beras yang di aron selama kurang lebih 20 menit.

  2. Setelah nasi aron dan bumbu sambal matang, matikan api ,lalu kita buat sambal teri dengan cara menghaluskan bumbu yang telah di kukus , kemudian kita tumis dengan minyak secukupnya,masukkan teri , lalu tambahkan garam dan gula secukupnya dan tes rasa. Kalau rasa sudah pas kita masak sambal sampai matang.

  3. Siapkan daun pisang 2 lembar , lalu taruh 1 centong nasi aron dan beri sambal teri sesuai selera di atasnya, lalu bungkus seperti kita membungkus botok lalu semat dengan lidi. Lakukan sampai nasi aron dan sambal teri habis.

  4. Kukus nasi gegok kurang lebih 45 menit. Dan tarrraa,,,nasi gegok siap di santap di temani tempe goreng atau bola - bola tahu hangat. Selamat mencoba......Happy Cooking......